Memperbaiki MMC Handphone yg Rusak

Handphone keluaran sekarang ini rata-rata sudah mengusung konsep memori eksternal karena biasanya handphone tersebut membawa fitur-fitur yang variatif dan memerlukan media penyimpanan data. Salah satu media penyimpanan data yang masih dipakai oleh handphone adalah MMC (Multi Media Card). Dan sekarang pun harga MMC juga bervariasi, semakin besar kapasitas MMC, cenderung harganya akan semakin murah.
Tetapi hal tersebut kembali lagi pada keperluan kita masing-masing, dan spesifikasi dari handphone atau piranti elektronik yang kita pakai.

Judul korup diatas bukan bermaksud menyindir pejabat yang korup, namun istilah yang lazim digunakan untuk menyebut kerusakan pada memory card. Secara fisik, sebenarnya Memory Card merupakan produk teknologi yang cukup rentan, dan mudah sekali rusak karena kena panas, pengembunan, medan magnet yang besar, atau mungkin tindakan yang kasar padanya, misalnya dibanting, he3. Hal ini berkaitan dengan cara penggunaan produk ini yang sering diselipkan keluar masuk piranti elektronik seperti handphone, kamera digital, laptop, mp3 player, mp4 player, dekstop PC, atau memory card reader. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika terkadang system file yang ada pada kartu memori tersebut rusak.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti tersebut di bawah ini:
  1. Mengeluarkan kartu memori saat Anda sedang menjalankan suatu aplikasi sedang membaca atau sedang menulis data di dalamnya.
  2. Menurunnya daya tahan baterai pada suatu alat elektronik yang sedang digunakan atau dengan kata lain, kurangnya daya atau voltase saat kartu memori sedang melakukan penulisan data.
  3. Terkadang adanya ketidak cocokan piranti elektronik dengan jenis MMC yang akan digunakan.
  4. Ketidak cocokan software driver PC Windows/Mac/Linux dengan kartu memori.
  5. Kerusakan fisik seperti MMC pernah basah, dibanting, terbakar, dst. He3..

Mengatasi masalah ini sama dengan menangani masalah pada piranti penyimpanan data yang lain seperti pada harddisk ataupun flashdisk yang terkadang kita menemui pesan Corrupt atau invalid file system, yakni dengan melakukan format ulang pada system file.