Solusi Tidur Nyenyak

Tidur merupakan salah satu terapi untuk menyegarkan tubuh. Kurang tidur membuat tubuh tak dapat memulihkan kerusakan sel dan jaringan yang terjadi setiap hari. Studi dari Universitas Harvad mengungkapkan, manusia membutuhkan tidur minimal delapan jam setiap malam. Seseorang yang tidur malam kurang dari lima jam memiliki risiko penyakit jantung 39 persen lebih besar dari mereka yang tidur malam delapan jam. Oleh sebab itu, kualitas tidur sangat dibutuhkan. Namun banyak orang sekarang merasa tidak bisa tidur nyenyak or susah tidur dengan alasan terlalu capek lah, bantalnya nggak pas lah, kurang tidurlah dan lah yang lainnya...




Berikut ini gw bagiin tips supaya bisa tidur nyenyak:

1. Teratur akan Jadwal
Waktu tidur yang tidak menentu tidak memungkinkan bagi tubuh kita untuk menyelaraskan dengan ritme sikardian yang kira-kira tepat. Ibu kita benar ketika dia mengatur waktu kita untuk selalu pergi tidur lebih awal ketika kita anak-anak. Pastikan juga Anda mencoba untuk menyimpan jadwal yang sama pada akhir pekan juga, kalau tidak pagi berikutnya, Anda akan bangun dengan merasa terlalu lelah.(sikardian tuh apa ya...?)

2. Tidur hanya saat malam hari
Hindari tidur siang sebisa mungkin, sebab tidur siang mengambil jatah tidur malam kita. Namun jika memang terpaksa, batasi jumlah tidur anda. Sehari cukup 20 menit untuk tidur siang.

3. Latihan/Senam atau BerolahragaSenam dan olahraga diketahui dapat membuat tidur lebih baik. Sebab pada saat kita tidur, tubuh kita akan melemaskan otot2 dan persendian kita yang telah kita latih sebelumnya. 20 - 30 menit latihan / senam sudah dapat membantu kita untuk tidur lebih baik, tapi pastikan kita berlatihnya pagi/petang. Latihan sebelum tidur merangsang tubuh dan aktivitas aerobik sehingga mungkin dapat membuat kita tertidur lebih sulit.

4. Mandi Air Panas
Mandi air Panas sebelum tidur dapat membantu kita tertidur lebih rileks karena hal tersebut bisa membuat rileks otot-otot yang tegang.

5. Jangan Makan Sebelum Tidur
Hindari makan makanan besar atau makanan pedas sebelum tidur. Beri diri Anda minimal 2 jam dari ketika Anda makan sampai Anda tidur.Hal ini memungkinkan untuk pencernaan anda bekerja dengan baik (atau setidaknya mulai). Sebelum Anda pergi tidur sehingga tubuh anda dapat beristirahat dengan baik pada malam hari, daripada membuat perut anda bergemuruh.

6. Hindari Kafein
Kafein dapat membuat kita terus melek sehingga kita kesulitan untuk tidur, sudah pada tau kan...?

7. Baca Buku Fiksi
Buku Fiksi akan membawa anda ke Dunia baru jika anda benar-benar terbawa pada cerita di buku yang anda baca. Dan kemudian bayangkan cerita di buku tersebut sebelum tertidur. Berguna juga buat belajar loh, jadi teringat sampai mimpi...

8. Buat ruang kamar tidur tetap sejuk
Kamar yang sejuk biasanya bisa membuat kita tertidur lebih nyenyak terutama jika kita memakai selimut. Umumnya, orang yang tertidur di tempat sejuk biasanya lebih segar saat bangun dari tidurnya. (buat yang 1 ini rasanya optional...)

9. Suasana Tenang
Saya rasa tidur tanpa suara musik atau TV lebih mudah dan tenang. tapi saya rasa banyak orang lain yang tidak sependapat dengan saya. Tapi tidur tanpa gangguan adalah yang terbaik untuk pikiran yang lebih jelas ketika bangun.

10. Jauhi Alkohol Sebelum Tidur
Mungkin alkohol bisa membuat kita lebih mudah tertidur, tetapi alkohol juga menyebabkan Anda bangun di malam hari. Ketka Alkohol dicerna oleh tubuh Anda efek alkohol akan mulai bekerja, hal ini menyebabkan kita terbangun malam hari dan sering mimpi buruk bagi sebagian orang. (untung gw blom pernah minum2...)